Jumat, November 05, 2010


PENGUKUR LEVEL VOLUME TANGKI

MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK

BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535


Joniq Syaftriadi

05506131009

Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta


ABSTRAK

Pada dunia industri kebutuhan akan tempat penampungan dari bahan bakar, bahan hasil olahan, air dan bahan cairan lainnya memerlukan suatu wadah tampungan yang besar dan hal itu ada beberapa kendala yang dihadapi guna untuk mengetahui tingkat volume tangki yang ukurannya besar. Ada beberapa industri yang masih menggunakan cara-cara konvensional atau manual untuk mengetahui dan mengukur tingkat volume dalam tangki, seperti memasukkan suatu alat ukur (mistar) yang panjang kedalam tangki dan hal ini membuat kerja semakin berat, memakan waktu dan tenaga. Maka dari itu perlu disiasati mekanisme cara mengetahui volume yang ada dalam tangki secara otomatis. Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah untuk membuat suatu alat yang dapat mendeteksi atau mengutahui tingkat volume isi tangki melalui mekanisme pembacaan dari sensor ultrasonik dan dapat dipantau melalui tampilan display LCD.

Metode yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah rancang bangun teknologi dari alat pengukur level volume tangki menggunakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler ATMega8535 yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu: sensor, LCD, keypad, mikrokontroler dan rangkaian catu daya. Sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik USIRR sebagai pendeteksi dari objek (cairan), sensor ini di tempatkan pada bagian atas tangki dan sensor suhu menggunakan IC LM35. Keypad digunakan untuk men-setting ukuran tangki. Data dari pembacaan kedua sensor tersebut kemudian diolah pada sistem minimum mikrokontroler seri ATMega8535 yang merupakan otak dari proses input output. LCD berfungsi sebagai unit penampil hasil dari pengukuran sensor. Rangkaian catu daya memberikan sumber tegangan pada sistem alat, dan tegangan yang diperlukan sebesar 5Vdc.

Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya suatu alat pengukur level volume tangki menggunakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler ATMega8535. Secara keseluruhan kinerja alat telah menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan rancangan, yaitu mampu melakukan pengukuran level volume tangki antara 1.000mL sampai 7.000mL. Tingkat kesalahan rata-rata dari alat pengukur level volume tangki sebesar 1,32%.




Prototype


Skema Elektrik Input Output

Tidak ada komentar:

Posting Komentar